Rabu, 31 Oktober 2012

Pohon Pohon Tempat Lebah Membuat Sarang Madu


Dalam artikel ini akan di bahas mengenai beberapa tumbuhan atau pohon yang biasanya didiami oleh lebah untuk membuat sarang sarang mereka. Setelah saya membahas mengenai jenis jenis dari lebah sekarang pohon pohon apa saja yang biasa mereka diami untuk menghasilkan madu yang berkualitas. Seperti kita tahu bahwa Indonesia merupakan Negara tropis yang memiliki berbagai macam sumber daya hayati yang berkualitas. Negara Indonesia memiliki hutan yang luas walaupun saat ini sudah banyak berkurang. Dengan hutan yang luas banyak sekali jenis tanaman dan pepohonan yang baik dan biasa di diami oleh lebah. Saya akan mencoba membahas beberapa jenis pohon dan juga lokasi dari pohon pohon tersebut berada.


Madu Ternak | Madu Ternak
Madu Ternak Madu Ternak 
Diawali dengan pulau Sumatera, di pulau ini khususnya di daerah Riau di kenal dengan produksi Madu sialang adalah jenis yang dihasilkan dari lebah Apis Dorsata yang hidup dan bersarang di pohon yang berada di dalam kawasan hutan.Pohon Sialang adalah pohon dimana tempat lebah bersarang, Pohon Sialang merupakan jenis tanaman yang dilindungi secara hukum, baik undang-undang pemerintah maupun hukum adat.Sehingga kelestarian pohon sialang tetap terpelihara sebagai tempat bersarangnya kelompok lebah. Pohon Sialang adalah jenis pohon yang besar dan tinggi , diameter batang pohonnya bisa mencapai 100 cm atau lebih, dan memiliki tinggi mencapai 25 sampai 50 meter. Biasanya lebah membangun sarangnya di dahan,  dalam satu pohon sialang bisa berisi 30 s/ d 100 koloni sarang.

Selain membuat sarang pada pohon dan tumbuhan di hutan lebah juga bias diternakan pada kebun kebun buah atau tanaman seperti jagung. Biasanya lebah yang di ternakan berupa lebah Apis mellifera dan indica.  Pohon Buah-buahan yang dapatmenghasilkan madu antara lain apel, lengkeng, rambutan, pisang dan durian. Selain tanaman yang produktif lainnya adalah tanaman kapuk randu. Madu yang dihasilkan oleh lebah Apis mellifera tergantung kepada jenis bunga yang tumbuh di areal penggembalaan, sehingga warna warna yang di hasilkan tergantung dari jenis tanaman yang di ambil sari bunganya oleh lebah. Untuk informasi tentang madu hutan atau madu ternak dapat di lihat di alwadeyonline.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar