Rabu, 24 Oktober 2012

Lebah Sebagai Penjaga Kualitas Madu


Mungkin banyak dari kita hanya sebatas penikmat madu baik yang di ambil dari hutan maupun dari kebun tumbuhan yang ada peternakan lebah nya. Sudah kah kita tahu bahwa kualitas dari nutrisi alam tersebut di jaga oleh lebah. Yup  mahluk kecil tersebut selain menghasilkan nutrisi alami yang berkhasiat juga mempunyai pekerjaan untuk tetap selalu menjaga kualitas suplemen alami yang berguna bagi kesehatan dan juga untuk pengobatan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas dari nutrisi alami yang di hasilkan oleh lebah baik berupa stabilitas kadar kelembaban sarang, dan juga kejernihan dan kerusakan madu yang disebabkan oleh serangga lain.


Madu ternak | Madu Hutan
Madu ternak Madu Hutan
Tugas berat yang di lakukan oleh lebah adalah bagaimana dia mengantisipasi agar sirkulasi udara dalam sarang lebah bisa terjaga dengan baik sehingga kualitas dan khasiat yang ada dalam madu tetap terjaga. Selama sepuluh bulan kestabilan suhu udara harus di jaga. Pada musim panas para lebah selalu berjaga jaga di pintu sarangnya sambil terus menerus mengipasi sayapnya untuk menjaga stabilitas kadar kelembaban sarang nya. Selain berjaga jaga di pintu sarang ada lebah yang bekerja untuk mengatur distribusi udara di dalam sarang sehingga udara yang masuk dapat melalui seluruh ruangan yang ada di dalam sarang lebah. Pengaturan udara ini efektif untuk membersihkan sarang dari asap dan udara kotor.

Selain pekerjaan di atas lebah juga berusaha untuk selalu menjaga bagaimana sarang terbebas dari berkembangnya bakteri.  Selain untuk menjaga lebah juga bekerja untuk dapat selalu menghindari faktor faktor yang dapat menyebabkan berkembangnya bakteri. Biasanya faktor faktor yang menyebabkan adanya bakteri adalah Karena ada benda benda asing yang masuk ke dalam sarang lebah. Biasanya ada saja nyamuk atau serangga lain masuk ke dalam sel, jika ini di temukan maka lebah akan bekerja untuk mengeluarkan benda tersebut keluar sarang. Nah lihat lah bagaimana kerja dari mahluk lebah untuk selalu menjaga kualitas dari madu tersebut agar menghasilkan nutrisi alami yang benar benar berkhasiat bagi manusia. Butuh madu hutan atau madu ternak dapat mengunjungi web alwadeyonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar