Selasa, 30 Oktober 2012

Mengenal Jenis Lebah Penghasil Madu


Selama ini kita mengenal lebah hanya sebatas mahluk yang dapat menghasilkan nutrisi alami yang bersifat manis dan banyak bermanfaat bagi manusia. Yah benar nutrisi alami tersebut yang kita kenal sebagai madu. Terdapat banyak jenis lebah yang ada di dunia sebagai penghasil nutrisi alami tersebut. Nah dalam artikel ini akan saya bahas tentang beberapa jenis lebah yang terdapat di Indonesia. Orang sudah mengenal lebah tapi mungkin belum mengenal jenis jenis lebah yang ada di Indonesia. Karena lebah yang ada di hutan hutan akan berbeda dengan yang di terna kan. Padahal lebah dapat dikembangkan menjadi sebuah agroindustri yang dapat menghasilkan pendapatan bagi masyarakat baik yang tinggal di pedalaman hutan maupun bagi masyarakat yang hidup di perkotaan.



Madu Ternak | Madu Ternak
Madu Ternak Madu Ternak 
Pengembang biakan lebah untuk dapat  dikembangkan menjadi sebuah agroindustri untuk menunjang perekonomian masyarakat Indonesia. Lebah tersebut dapat dikembangkan untuk menjadi penghasil produk madu, beepolen dan lilin lebah. Jenis lebah yang dapat menghasilkan produk tersebut adalah jenis lebah Apis mellifera dulu Indonesia mendatangkan bibitnya diimpor. Ada juga jenis lebah lokal Apis indica yang memang berkembang biak di Indonesia, walaupun pola pemeliharaan dapat dilakukan  dalam batang kayu barongga (glodog), yang jadi kendala jenis lebah ini tidak bisa di gembala kan hingga hasil nya sangat rendah. Jenis lebah yang lain adalah jenis lebah hutan Apis dorsata.

Jenis lebah yang lain adalah jenis lebah Apis Mellifera, bentuk dari lebah pekerja Apis mellifera agak pendek dan gemuk, warna tubuh serta sayapnya coklat terang ke kuningan. Sedangkan ukurannya sedikit lebih besar dari Apis indica. Karakteristik tubuh lebah lokal yang ada di Indonesia lebih kecil dan juga lebih ramping berwarna coklat tua. Ukuran lebah hutan Apis dorsata lebih besar dari Apis mellifera, tetapi bentuk badannya ramping dan warnanya coklat gelap kehitaman. Lebah hutan yang ada di Indonesia membangun sarangnya di dahan pohon-pohon hutan yang besar, tinggi dan ber batang licin. Jenis madu hutan Sumbawa dan Kalimantan dihasilkan oleh jenis lebah Apis dorsata. Berminat madu hutan atau madu ternak bisa lihat di alwadeyonline.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar